Teknik Informatika

Teknik Informatika

Widiastuti

Teknik Informatika
Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal


"Berani Hidup Harus Berani Mati"

Responsive Ads Here

Rabu, 01 November 2017

Tugas KTI I - IV

Link download Mk & Tugas klik disini


TUGAS

TEKNOLOGI INFORMASI




                                                NAMA           : WIDIASTUTI

                                                CLASS           : 1C

                                                PRODI           : TEKNIK INFORMATIKA

                                                NIM                : 17090070







POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA

TAHUN 2017/2018



soal

  1. Jelaskan ciri-ciri dan contoh komputer generasi ke-1 s.d ke-5
  2. Apakah yang saudara ketahui tentang: Super Komputer, Komputer Mainframe, Komputer Workstation, Mikrokomputer, Mikrokontroller
  3. Termasuk apakah :

  1. Wearble computer,contoh?
  2. Tianhe-2 (Nation University of Defense Technology,China)/Titan (Oak Ridge National Laboratory,AS),Jelaskan spesifikasinya
  3. Lenovo ThinkStation S20/HP Z2 mini /HP Z620 Tower,Jelaskan spesifikasinya
  4. IBM system/360 atau IBM system (ESA)/390 atau Honeywell-Bull DPS7,Jelaskan spesifikasinya
  5. Raspberry, Jelaskan cara kerjanya?
  6. Arduino ,Jelaskan cara kerjanya?
  7. Computer stick ,Jelaskan cara kerjanya?

JAWABAN

  1. a. Generasi Pertama (1940-1959)
         Ciri-ciri sebagai berikut :

  • Komponen elektroniknya dari tabung hampa (Vacuun Tube).
  • Program dibuat dalam bahasa mesin (Machines language) yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
  • Prgramnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.

Contoh            :  ENIAC ,MARK II ,EDSAC ,MARK III ,UNIVAC I&II, IBM 650 ,ADVAC.
          b. Generasi kedua (1959-1964)
          Ciri-ciri sebagai berikut :

  • Komponen elektronikanya dari Transistor.
  • Program dibuat dengan Assembly Language ,Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) dan ALGOL.

Contoh :  IBM(ibm 1620,IBM 1401,IBM 7070,IBM 7080,IBM 7094),UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600,BURROGHS 5500,HONEYELL 400,PDP 1 &5.
         c. Generasi ketiga (1964-awal 80-an)
         Ciri-ciri sebagai berikut :

  • Komponen elektroniknya dari integrated circuit(IC)yang berbentuk lempengan atau chip.
  • Program dibuat dalam bahasa tingkat tinggi (High level language)yaitu: BASIC, FRONTRAN ,COBUL.
  • Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan.
  • Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
  • Sebagai titik awal fenomena mikrokomputer.
  • Komputer menjadi lebih kecil dan lebih murah.
  • Konsep”time sharing” diperkenalkan.

Contoh :IBM S/360, UNIVAC 1108 ,PDP 8&11, HONEYWELL200 ,RCA ,SPECTRA70.
          d. Generasi keempat (awal 80-an)
          Ciri-ciri sebagai berikut :

  • Komponen elektroniknya dan miniaturisasi yang diseut LSI dan mualai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration)yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip.
  • Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network).
  • Telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor(MOS).

Contoh : IBM (IM S/34, IBM S/36 ,IBM PC/AT&XT, IBM PS/2) ,HONEYWELL 700,BURROUGH 600, CRAY I, CYBER ,PC APLLE II, COMMODORE PC ,INTEL i386-intel pentium I,II,III,IV,Dual Core ,core 2 duo dan quad core.






          e. Generasi kelima (masa depan)
          Ciri-ciri sebagai berikut :

  • Komponen elektroniknya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI.
  • Program dibuat dalam bahasa PROLOG (programming Logic) dan LISP (List processor).

Contoh : IBM PC 5150, IBM 5140 PC Convertible , Macintosh 128k ,MacBook.
2. a. Superkomputer
  adalah Jenis komputer yang memilikikecepatan proses paling hebat. Iasa digunakan untuk                  menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks . Superkomputer yang terkenal adalah Cray dan ASCI

  b. Komputer Mainframe

 adalah Jenis komputer yang digunakan pada perusahaan perusahaan berskala besar untuk  menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar (IBM ,Fujitsu ,Unisys).

  c.Komputer Workstation
adalah Jenis komputer yang leih ampuh dari kebanyakan PC,workstation di rancang untuk memenuhi aplikasi perancangan berbasis grafis seperti CAD dan juga digunakan sebagai client/server (DEC,IBM,Sun Micosystems).

  d. Mikrokomputer
adalah PC (personal Computer) atau komputer pribadi serta dapat dibedakan menjadi Dekstop PC ,Tower PC ,laptop ,notebook, palmtop dan PDA.
  e. Mikrokontroler
Adalah Mikroprosesor khusus yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan elektronis cerdas ,moil ,dan barang yg lain. Mikroprosesor ini memuat peralatan dapat diprogram (Motorola dan Texas Instrument).

3. a. Wearble computer
termasuk teknologikomputer yang bisa dipakai layaknya pakaian yang menempel ditubuh pemakainya .
contoh :NIKE+IPOD ,Jam Tangan Pintar 9SMART WATCH) ,Kacamata Pintar (SMART GLASSES) ,SMART CONTROLLER

b. TIANHE-2
Termasuk dalam super komputer buatan national university of Defense Technology China ,di bandingkan kecepatan komputer rata-rata yang memiliki kalkulasi 100 juta/detik maka kecepatannya lebih cepat dari 338 juta PC. Tianhe-2 mengalahkan super komputer buatan AS (Titan) tianhe-a memiliki kemampuan kalkulasi sebanyak 33.860 triliun/detik dibandingkan dengan titan thianhe-2 lebih cepat dua kali dari titan .tianhe-2 memiliki operasi 33,86 petaflop/detik setara dengan 33.860 triliun kalkulasi/detik,secara teoritis keepatanya bisa meningkat menjadi 54,9 petaflop/detik atau sama dengan 54.900 triliun kalkulasi/detik sementara Titan hanya mencapai 17,59 petaflops/detik.

c.Lenovo thinkstation S20/HP Z2 mini/HP Z620 Tower
Termasuk dekstop workstation/PC ,Lenovo thinkstation S20 tower berbasisinteldengan CPU intelxeon W3550/3.06 GHz ,Quad core chipset intel  X58 express dandengan technology DDR3 SDRAM .spesifikasi hardware HP Z2 mini tidak minimalis ,PC workstation berbentuk bujur sangkar setinggi >6 cmsudah menyertakan prosesor intel core i7,i5,i3 hingga prosesor gahar xeon E3-11200v5 ,GPU yamg di dukung hanya Nvdia Quadro M620 (VRAM 2 GB), kapasitas RAM (DDR4-SO-DIMM)mencapai 32 GB ,media storage M.2 SSD berkapasitas 1,5 TB  ,opsi storage performa tertinggi berbasis SSD PCle 3.0 (HP Z Turbo Drive up to 512 GB).sedangkan HP Z620 spesifikasinyatermasuk tower , CPU Xeon dengankecepatanprocesor 1.8GHz,RAM 4GB/8GB dandengan OS Windows 7.

d.   IBM system 360/IBM system ESA 390 /Honeywell-Bull DPS7
Termasuk Mainframe computer ,IBM system/360 dengan model 30 memiliki spesifikasi  hingga 34.500/detik dengan memory 8-64 KB , model 91 bisa melakukan sampai 16,6 juta/detik .penyimpanan utama 512 KB,768 K dan 1024KB hingga 8 megayte lebih lambat (8 Mikro detik)LCS. IBM 390 ESA memiliki sitem operasi VSE/ESA, VM,MVS/ESA sampai 9 GB.

e. Raspberry
termasuk komputer papan tunggal (singgle-board circuit;SBC)yang seukuran dengan kartu kredit yang dapat digunakan untuk menjalankan program perkantoran,permainan komputer dan sebagai pemutar media hingga video beresolusi tinggi dengan OS :windows ,linux ,mac ,unixdst).
Cara kerjanyadengandijalankandari SD card pad board Raspberry dantidaksepertipada board microcontroller AVR.

f. ARDUINO
Adalah pengendali mikro singlet-board yang bersifat open source yang diturunkan dari wiring platform dan dirancang untuk mempermudah penggunaan elektronik dalam berbagai bidang.Hardwarenya memiliki prosesorAtmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.
Cara keja arduino dengan cara mengambil data input dari PIN yang diatur untuk menerima data dan data input yang diterima dikirim ke mikrokontroller untuk diproses sesuai kebutuhan dan hasil prosesnya disalurkan kembali ke PIN outpunya.

g. COMPUTER STICK
Cara kerjanyadenganmenyolokan stick ke monitor ataudengan televise yang memilikikoneksi HDML .tetapi Intel PC stick tidakmendukung HML sehinggatidakbisamengambildayadari port HDML.





TUGAS II

SOAL :

  1.  Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai e-commerce ,e-business dan e-market place. beserta contohnya .
  2.  Jelaskan definisi dan fungsi TPC/IP .
  3.  Jelaskan bagaimana cara kerja ISP dalam memberikan layanan internet .
  4.  Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai paypal dan smart payment .
  5. Jelaskan apa perbedaan sms-banking ,m-banking dan internet banking .

Jawaban :
  1. a. e-commerce

Adalah dimana salah satu webesite menyediakan atau dapat melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan fasilitas internet sebagai media komunikasi secara Online .e-commerce juga digunakan untuk kegiatan media perdagangan mulai dari proses produksi ,iklan ,penjualan ,pembayaran ,pengiriman ,dan pencatatan .e-commerce dapat meubah semua kegiatan marketing dan sekaligus memangkas biaya biaya operasional untuk kegiatan perdagangan .

Contoh :transaksi yang menggunakan situs jual beli Online dari luar negeri (Amazon.com ,alibaba.com) dari dalam negeri (kaskus.co.id ,bukalapak.com, tokopedia.com dan olx.co.id). dan pembelian buku ,elektronik ,kendaran ,pakaian dll secara Online .

            b. e-business

Adalah suatu kegiatan transaksi jual beli yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi langsung dengan costumer ,supplier maupun rekan bisnis .e-business juga dapat digunakan untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit maupun nonprofit suatu perusahaan.e-business berfungsi untuk mendukung bagian-bagian pada perusahaan seperti bagian produksi ,Finance ,marketing dll sehingga perusahaan dapat mengelola bisnisnya dan mendapatkan keuntungan .

Contoh : koran atau media cetak yang berbasis Online ,toko fashion yang sekarang dapat diperjual belikan secara online  .
            c. e-market place
Adalah media Online berbasis internet (Web based)Tempat terjadinya jual beli (pasar    Online) yang dilakukan antar perusahaan sehingga memperoleh sesuai harga pasar sedangkan bagi supplier/penjual dapat mengetahui perusahaan-perusahaan yang membutuhkan produk atau jasa .fungsi e-market place untuk mencocokkan antara penjual dan pembeli ,sebagai fasilitas transaksi dan sebagai infrastukture institusional.
Contoh :juale ,tokopedia ,plasa.com ,crazzymarket ,http://www.indonetwork.co.id ,http://www.smecenter.com ,http//www.alibaba.com dll .
2. TPC/IP (Transmission control protokol /Internet protokol)
Adalah sebuah perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam sistem komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu grup jaringan .TPC/IP juga memiliki fungsi untuk pengiriman file dalam satu jaringan dan sering digunakan untuk keperluan “Remote login” ,computer mail ,telnet dll. TPC/IP saat ini dipergunakan dalam banyak jaringan komputer lokal (LAN)yang terhubung ke dalam internet karena protocl standarnya terbuka ,berdiri sendiri dari perangkat keras jaringan apapun dan bisa juga dijadikan sebagai alamat umum .

 3. Cara kerja ISP (Internet Service Provider) dalam pelayanan jaringan terdiri atas sambungan   ke internet yang besar menggunakan kecepatan yang sangat tinggi (Gbps),sambungan tersebut disambungkan langsung pada router yang besar(cisco atau juniper Network)router akan mengatur komunikasi antara internet dengan pelanggan ,ISP akan dipasang beberapa server seperti Web,mail maupun berbagai keperluan lainnya ,ISP biasanya gunakan untuk sistem Operasi open source sehingga pelanggan akan tersambung ke ISP menggunakan berbagai teknologi sambungan yang berkecepatan beberapa ratus Kbps atau Mbps. ISP merupakan perusahaan yang memberikan jasa kepada masyarakat untuk mengakses internet dan sebagian ISP masih menggunakan kabel telepon untuk memberikan akses internet ke masyarakat,terutama di daerah-daerah bertumbuhan perusahaan perusahaan kecil masih menggunakan wireless atau lebih dikenal dengan RT/RW-net dengan harga yang terjangkau dapat mengakses internet yang beroperasi 24 jam/hari .
         4. a. Paypal

Adalah Suatu alat pembayaran(payment procesors) dengan bertransaksi menggunakan jaringan internet karena menjamin keamanan yang tinggi , beberapa situs paypal seperti ebek.com ,lisesi software original ,keanggotaan situs ,urusan dunia bisnis .dan dapan melakukan pengiriman uang ke para pemilik akun paypal .Paypal berfungsi untuk mengatasi kekurangan-kekuragan dalam dalam transaksi pengiriman uang secara tradisional seperti menggunakan cek atau Money order yang dalam prosesnya bisa memakan waktu yang cukup lama .

            b. Smatr payment

Salah satu sistem layanan multy payment yang bekerja sama dengan bank BNI , smart payment juga termasuk layanan Online karena untuk pembayaran listrik PLN , pembelian token strom, pembayaran rekening telkom, penjualan listrik elektrik dll.
         5. a. SMS-Banking

menggunakan berbagai aktivitas perbankan melalui sms dengan cara nasabah mengirimkan sms ke nomor yang telah ditentukan dengan isi kode yang telah ditentukan oleh pihak bank (berbeda untuk setiap transaksi)setelah menerima kode nasabah akan menerima sms yang meminta nasabah untuk membalas dengan PIN selanjutnya transaksi akan dinyatakan berhasil dan nasabah akan menerima konfirmasi dari transaksi yang dilakukan .

b. M-Banking

menggunakan aplikasi yang terinstal pada simcard nasabah, biasanya jika menggunakan fasilitas ini harus mendaftarkan terlebih dulu ke provider yang digunakan namaun beberapa bank yang bekerja sama langsung dengan provider sehingga aplikasi M-banking sudah tersedia langsung .nasabah hanya perlu meregistrasi rekening pada aplikasi m-bankingmelalui customer service (sistem bisa berbeda pada setap bank)untuk transaksi nasabah hanya perlu memilih menu yang ada pada aplikasi dan bukti transaksi akan dikirimkan melalui sms.

c. Internet Banking

menggunakan teknology internet sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan dengan menggunakan jaringan internet sebagai perantara antara nasabah bank dan pihak bank, bentuk transaksi bersifat maya tanpa memerlukan proses tatap muka antara nasabah dan petugas bank yang bersangkutan .kendala dalam bertransaksi menggunakan internet Banking  disebabkan sistem infrastruktur yang belum memadai dan belum banyak bank yang menyediakan fasilitas internet banking secara maksimal .




TUGAS III
































TUGAS IV


SOAL :
  1. Jelaskan fungsi dari setiap jenis RAM dan ROM ?
  2. Jelaskan perbedan DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dalam RAM ?
  3. Terdapat sebuah media penyimpanan yang disebut SSD (solid state drive),jelaskan apa yang saudara ketahui dengan SSD
  4. Media penyimpanan Online disebut juga dengan cloud storage ,jelaskan mengenai cloud storage dan cara kerjanya
  5. Apakah benar terdapat media penyimpanan menggunakan pita magnetik dapat menyimpan data lebih dari 300 TB ?Jika ada jelaskan jenisnya dan bagaimana cara kerjanya
  6. Konversikan

  1. 1,5 GB =         KB
  2. 2,5 TB =          MB
  3. 37 MB =          Byte

Jawaban :

  1. Jenis-jenis RAM
  1. DRAM (Dynamic RAM)
Adalah jenis RAM harus sering di refresh oleh CPU  agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
     b. DRAM (Synchronous Dynamic RAM)
Adalah jenis RAM yang paling umum dgunakan pada PC masa sekarang .RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM serta dapat digunakan terutama dalam cache.
   c. SRAM (Statik RAM)
Adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya teta tersimpan dengan baik .
   d. RDRAM (Rambus DRAM)
Adalah pada jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan pentium4.
  e. FPM DRAM (First Page Mode DRAM)
Adalah bentuk asli dari DRAM .laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB/sekon.
  f.  EDO DRAM (Extended Data Out DRAM)
Adalah memory ini sekitar 5% lebih cepat dibandingkan dengan FPM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 264 MB/sekon.
  g. Flash RAM
Adalah jenis memory berkapasitas rendah yang digunakian pada perangkat elektronika seperti TV,VCR,radio mobil,dan lainnya .memerlukan dengan daya yang sangat kecil.

Jenis-jenis ROM
   a. PROM (Programmable ROM)
Adalah sifatnya non-voletile dan hanya ditulis saja .pada PROM proses penulisannya dibentuk secara elektris.

   b. EPROM (Erasable Programmeble ROM)
Menyedikan fleksibilitas selama fase pengembangan System digital. Karena EPROM mampu mempertahankan informasi tersimpan untuk waktu yang lama ,maka dapat digunakan untuk mengganti  ROM pada saat software dikembangkan .EPROM dihapus dengan sinar UV.

   c. EEPROM (Electrically Erasable ROM)
Merupakan ROM yang dapat ditulis kapan saja saat menghapus isi sebelumnya,hanya byte-byte yang teralamat yang akan di update. Operasi write akan memerlukan waktu yang lebih lama dibbandingkan operasi read,dalam penghapusan data yang ada di EEPROM diperlukantegangan yang bereda untuk penghapusan,penulisan dan pembacaan data yang tersimpan .

2. Perbedaan DDR1, DDR2, DDR3, DDR4

  1. DDR1
RAM ini mempunyai bandwidth dua kali lipat dari RAM SDR SDRAM karena mampu mentransfer data pada siklus sinyal clock saat naik dan turun.RAM DDR1 lahir pada era komputer pentium 4 sekitar tahun 2000, memiliki transfer rate antara 200-400 MT/s dengan kecepatan clock seesar 100-200 MHz.Ram ini memiliki ciri fisik yang membedakannya dengan RAM versi sebelumnya yanitu jumlah notcnya yang Cuma satu berbeda dengan SDR SDRAM yang mempunyai dua notch.

    b. DDR2
RAM ini lahir pada era komputer dua core,perbedaan fisik RAM DDR2 dengan DDR1 adalah letak notch nya yang digeser agak ke pinggir ,RAM ini memiliki transfer rate antara 400-1066 MT/s dengan kecepatan clock 200-533 MHz.

    c.  DDR3
Ciri fisik RAM DDR3 adalah cotchnya digeser lagi agak kepinggir dibanding RAM DDR2 .RAM ini lahir pada era komputer core i3 .RAM DDR3 memiliki transfer rate antar 800-1600 MT/s dengan kecepatan clock 200-533 MHz. Lebar prefetch dari RAM DDR3 adalah sebesar 8 byte nilai ini dua kali dari RAM DD2 yang hanya sebesar 4byte dan empat kali dari RAM DDR yang memiliki lebar prefetch sebesar 2byte.

    d. DDR4
Merupakan generasi terbaru dari ram DDRSDRAM dengan transfer data mencapai 2133-3200 MT/s. RAM DDR4 juga lebih efisien dengan tegangan kerja sebesar 1.2V dengan tegangan seesar 1.2V ini tercatat RAM DDR4 mampu mencapai transfer data rate sebesar 2400 MT/s.

3. SSD (Solid State Drive)
Adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memory yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Perangkat SSD menanamkan chip memori berbasis silikon sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data persisten. SSD dikenal seagai flash Drive atau kartu flash yang dimasukan ke dalam slot di komputer server disebut sebagai penyimpanan flash server side atau sebagai bagian dari sistem penyimpanan berbagai perusahaan flash.

4. Cloud Storage
Merupakan media penyimpanan yang terdapat di dalam sebuah server dengan syarat terkoneksi internet. Saat ini cloud storage banyak dipakai diperusahakan maupun individu .dikarenakan cloud storage mempunyai keuntungan yang banyak salah satunya yaitu tidak perlu takut akan kehilangan data karena media penyimpanan seperti flashdisk,hdd,dll.

 Cara kerja cloud storage
Menggunakan sistem yang menggunkan internet sebagai server dalam mengolah data .jadi tanpa menggunakan internet anda tidak dapat memakai layanan ini ,anda tidak perlu melakukan instalasi cukup dengan login dari browser yang anda digunakan, anda  sudah dapat memakai layanan ini .perintah-perintah yang anda perintahkan seperti mengunduh, mengunggah, dan perintah yang lainnya akan dilanjutkan ke server aplikasi .setelah perintah yang dilanjutkan telah diterima diserver aplikasi ,data akan diproses dan hasilnya akan ditampilkan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai perintah yang diperintahkan sebelumnya.

5.  Pita Magnetik
Tentu saja ada alat penyimpanan Pita Magnetik.
Dan berikut cara kerja Pita Magnetik :
Pada proses penyimpanan atau pembacaan data, kepala pita (tape head) harus menyentuh media, sehingga dapat mempercepat kinerja pita. Data pada pita magnetik direkam secara berurutan dengan menggunakan drive khusus untuk masingmasing jenis pita magnetik. Karena perekaman dilakukan secara bersamaan, maka untuk mengakses data yang kebetulan terletak di tengah, drive terpaksa harus memutar gulungan pita, hingga head mencapai tempat data tersebut. Hal ini membutuhkan waktu relatif lama.

6. Konversikan
  1. 1,5 GB =  1.500.000  KB
  2. 2,5 TB =  2.500.000   MB
  3. 37 MB =  4.625.000   Byte


Tidak ada komentar:

Posting Komentar